11 April 2019

Cara Menampilkan file yang terhidden dan cara menghapusnya secara paksa

Folder adalah sebuah elemen penting yang berisi data data tertentu dan berbagai jenis dalam sistem operasi Windows, linux ataupun mac. sebuah folder dapat menampung berbagi jenis tipe file mulai dari musik dan video (mp3 mkv dll), dokumen ( docx, pdf txt dll ) file installer ( exe, zip, deb, apk dll). sehingga kehadiran sebuah folder sangat berperan penting dalam dunia komputer ataupun smartphone untuk menaruh file - file sesuai kebutuhan ataupun sesuai jenis file tersenut. berikut ini adalah contoh file yang terhidden dengan nama " sytem volume information" ciri - ciri folder dengan atribut hidden adalah : 
- warna cenderung lebih kontras dan cerah dari folder lainya yang sejenis.
- tidak menampilkan thumbnail dari isi ffile yang berada pada folder tersebut.
- warna yang lebih pucah dan cerah dari folder yang tidak terhidden
- beberapa folder sistem yang terhidden tidak dapat dihapus oleh user biasa.

berikut contoh folder terhidden dan tidak yang memiliki perbedaan fisik

File Hidden adalah sebuah file keberadaanya tidak nampak pada tampilan komputer secara default, ada beberapa fungsi file yang ter-hidden : 
1. Merupakan file sistem windows yang karena penting menjadi di hidden, untuk menghindari unsur ketidak sengajaan menghapus folder tersebut.

2. Merupakan File Installasi sebuah program aplikasi tertentu, untuk menghindari ketidaksengajaan delete.

3. Merupakan file penting user yang agar tidak dihapus oleh pengguna lain ketika menggunkan Komputer yang sama.

4. merupakan Sebuah File yang mengandung ransomware (red : skidi ppappa) yang tidak ingin seorang pun melihat hal tersebut.

berikut ini adalah cara menampilkan folder yang terhidden dalam windows 7 :

1. buka windows explorer kemudian klik Organize - folder an search options



2. setelah itu akan tebuka jendela baru seperi dibawah ini, kemudian pilih  show hidden file, folders and drives.  fungsi ini akan menampilkan semua file folder yang tesembunyi dalam komputer. untuk manampilkan folder sistem yang tersembunyi uncentang pada hide protected operating system file (recomended). kemudian klik yes  pada jendela yang muncul seetelah itu klik apply pada jendala ini dan akan menampilkan seluruh file ersembunyi yang ada pada komputer.


 Menghapus file tersembunyi secara paksa pada Windows 

untuk menghapus file secara paksa pada sitem operasi windows, disini menggunakan aplikasi  Unlocker.  aplikasi ini setelah di install akan secara otomatis ada pada sistem ketika mengklik kanan sebuah file. silahkan download aplikasi Unlocker Disini