27 Februari 2019

Cara Memberi penomoran halaman yang berbeda Angka romawi dan bukan pada Microsoft office Word 2016

Microsoft Office Word adalah program yang paling banyak digunakan oleh masyarkat untuk mengolah dokumen, software ini sangat membantu dan sangat familiar bagi kalangan pelajar dan umum yang berkutat di bidang pengetikan dokumen. 

 Source wikipedia.org 

Setiap orang yang menggunakan Office Word pasti pernah yang namanya melakukan penomoran halaman pada dokumenya, penomoran dilakukan untuk memudahkan mengetahui jumlah halaman yang telah digunakan atau mengetahui berapa halam dokumen yang telah di tulisnya. seringkali paara penulis masih bingung ketika mau melakukan penomoran yang berbeda pada dokumenya, dimana ada angka romawi pada halaman tertentu dan angka biasa untuk halaman selnjutnya. pada kesempatan ini saya akan membagikan cara melakukan penomoran halaman yang berbeda, dengan menggunakan angka romawi dan angka biasa. 

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah Klik Insert - Page Number kemudian silahkan ditentukan jenis penomoran halaman seprti apa yang akan digunakan dalam dokumen, bisa pilih Top of page atau Bottom of Page.

 
2. Setelah langkah 1 selesai maka pada lembar kerja akan muncul nomor halaman di atas au di bawah sesuai yang dipilih sebelumnya. kemudian untuk melakukan penomoran Romawi silahkan klik Insert - Page Number - Format page Number. tampilanya akan menjadi seperti di bawah ini.

 


 3. Kemudian akan tampil window seperti gambar di atas, dan silahkan pilih angka romawi nya. setelah Selesai memilih angka romawi dan start at = i. kemudia silahkan klik OK nomor halaman akan berubah menjadi angka romawi i.

4. setelah selesai dengan penomoran halaman dengan angka romawi (i,ii,iii... dst)  untuk mengakhirinya, silahkan taruh kursor mouse anda pada halaman terakhir yang di nomori dengan angka romawi, pastikan pada halaman terakhir, silahkan perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih mudah memahami nya.
5. setelah kursor ditaruh pada posisi halaman terakhir kemudian klik Layout - Breaks - klik Next Page. fungsi ini akan mengakhiri penggunaan angka romawi pada halaman terakhir, dan akan memulai halaman baru yang tidak berkait dengan format angka romawi sebelumnya.


6. setelah Di lakukan langkah nomor 5, maka selanjutnya adalah melakukan proses 1 sampai 3 yang mana yang tadi menggunakan angka romawi pada jendela page number Format di ganti menjadi dengan angka biasa dan seterusnya sampai halaman berakhir.

Cukup sekian tutorial kali ini,bilai masih ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau silahkan hubungi admin lewat fb dan email untuk tanya. terima kasih.