28 Februari 2019

Cara Mengganti Kata Asing Cetak Miring dengan Cepat pada Office Word 2016

Microsoft Office Word adalah program yang paling banyak digunakan oleh masyarkat untuk mengolah dokumen, software ini sangat membantu dan sangat familiar bagi kalangan pelajar dan umum yang berkutat di bidang pengetikan dokumen. software ini adalah produk dari raksasa Microsoft Corp. untuk mendapatkan software ini sebenarnya di anjurkan untuk membeli Lisensi dari microsoft yang harganya lumayan buat kantong langsung kosong hahaha tetapi ada beberapa langakah untuk menjadikan software ini aktif seperti produk legal yang di beli ataui di dapatkan dari instansi yang bekerja sama dengan microsoft tersebut maka kita akan mendapatkan software ini secara legal dan berlisensi.
 

Source Wikipedia.org

Penggunaan kata asing dalam penulisan dokumen adalah salah satu hal yang harus sangat diperhatikan ketika menulis laporan, makalah dan buku Skripsi/TA.menurut KBBI kata yang harus di cetak miring adalah :

Loading...

1. Huruf miring dipakai untuk menuliskan judul buku, nama majalah, atau nama surat kabar yang dikutip dalam tulisan, termasuk dalam daftar pustaka.

2. Huruf miring dipakai untuk menegaskan atau mengkhususkan huruf, bagian kata, kata, atau kelompok kata dalam kalimat.
3. Huruf miring dipakai untuk menuliskan kata atau ungkapan dalam bahasa daerah atau bahasa asing.
4. Huruf miring digunakan untuk menulis kalimat yang dikutip dari buku, majalah atau pernyataan orang lain 
5. Huruf Miring Digunakan untuk ungkapan asing
pada contoh dibawah ini saya akan mengganti kata setting yang terdapat banyak dlam dokumen yang saya tulis, langkah nya adalah sebagai berikut : 

1. Copy kata yang akan di rubah dalam cetak miring yang mempunyai prosentase digunakan lebih dari 5 dalam dokumen, disini saya contohkan setting.


2. setelah dikopi silahkan buka jendela Replace atau dengan menggunakan shorcut ctrl+H setlah itu akan tampil jendela seperti dibawah ini. silahkan isi kolom find what dengan kata yang akan dirubah dan kolom replace with sama dengan kata yang ada pada kolom sebelumnya. karena kita hanya akan merubah format kata saja.


3. setelah selesai kemudian lanjutkan dengan mengklik Menu More >> kemudiab pilih Format - Font  untuk merubah format kata tadi.

5. Setelah itu akan tampil window yang berisi format font yang akan digunakan nanti, karena akan memberikan efek cetak mirirng maka silahkan pilih "italic" dan ukuran huruf yang digunakan,  kosongi jika anda ingin menggunakan format yang sudah ada. kemudian klik OK.


6. Setlah semua format selesai di atur, kemudian Klik Replace all maka word akan mencari kata yang sama dan akan dirubah menjadiformat cetak miring, pada contoh ini sebanyak 10 kata setting telah ditemukan dan dirubah menjadi cetak miring pada lembar dokumen.

Demikian Tutorial pada kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar atau menghubungi admin secara langsung untuk tanya tanya. Terima Kasih.