4 Maret 2019

Cara Membuat Daftar Isi manual dengan cepat pada Microsoft word 2016

Microsoft Office Word adalah program yang paling banyak digunakan oleh masyarkat untuk mengolah dokumen, software ini sangat membantu dan sangat familiar bagi kalangan pelajar dan umum yang berkutat di bidang pengetikan dokumen. software ini adalah produk dari raksasa Microsoft Corp. untuk mendapatkan software ini sebenarnya di anjurkan untuk membeli Lisensi dari microsoft yang harganya lumayan buat kantong langsung kosong hahaha tetapi ada beberapa langakah untuk menjadikan software ini aktif seperti produk legal yang di beli ataui di dapatkan dari instansi yang bekerja sama dengan microsoft tersebut maka kita akan mendapatkan software ini secara legal dan berlisensi.


Daftar isi merupakan bagian yang terpenting  dalam sebuah dokumen, terlebih dokumen yang cukup banyak dimana ketikan mencari bab tertentu sedikit kewalahan dan kebingungan, untuk itu daftar isi akan memudahkan ketika akan mencari bab tertentu atau sub bab tertentu, daftar isi juga merupakan sebuah bagian yang harus ada didalam dokumen seperti Buku Skripsi, makalah dan juga Buku Ajar Sekolah dll. ada beberapa cara membuatdaftar isi pada microsoft word : 
1. Dengan menggunakan Table Of Contens. dengan menggunakan table of contens penomoran daftar isi bisa dilakukan dengan otomatis, nomor dapat di-update ketika halaman berubah menjadi bertambah atau berkurang, konten juga dapat di update sesuai dengan kondisi dalam dokumen
2. Dengan menggunakan Tabs. dengan fungsi tabs penomoran daftar isi di lakukan dengan manual, dengan membuat catatan konten yang akan di masukan daftar isi di catat nomor halamanya pada notepad atau word langsung, kemudian baru menggunakan fungsi tabs  untuk membuat daftar isi secara cepat.

pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana membuat daftar isi secara cepat menggunakan fungsi nomor 2 yaitu Tabs dimana cara ini sangat simpel, mudah dan sangat cepat untuk membuat daftar isi pada dokumen :

1. langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat catatan nomor halaman pada konten yang akan dibuat daftar isi nya.


2. Setelah selai me list nomor halaman konten yang akan dimasukan daftar isi, silahkan di blok semuanya yang akan di jadikan daftar isi


3. setelah selesai di blok konten nya, selanjutnya klik 2 kali pada simbol yang dikotaki Merah. setelah di klik 2x akan muncul jendela Tabs seperti di bawah ini, kemudian pilih sesuai seperti pada kotak merah pada gambar kemudian klik OK.

4. Setelah di OK akan menjadi seperti tampilan dibawah ini, maka daftar isi sudah selesai dibuat dan tinggal di tambah nomor halaman yang lain dengan langkah seperti sebelumnya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, sekian dulu tutorial kali ini dan akan di lanjutkan selanjutnya mengunakan cara yang otomatis menggunakan Table of contens