12 Desember 2019

Cara Mempercepat Windows 10 Pada Komputer dan Laptop

Pada kesempatan  kali ini saya akan memberikan bebrapa cara untuk bagaimana agar para pengguna windows 10 khususnya dapat membuat kinerja komputer atau lpato dapat lebih cepat dengan menggunakan bebrpaa cara yang sederhana dan tidak membuat sistem eror karena cara ini, saya membuat artikel ini karena banyak temen saya yang pengguna windowws 10 merasakan pc/laptopnya sangat lemot dan berat saat digunakan.. 

oke langsung saja simakk saja beberapa tips untuk mempercepat wimndows 10 tersebut yang mana dari pengalaman diri saya sendiri dan yang saya rasakan memang cukup ada perbedaan ketika booting dan menjalankan program atau membuka program .....

1. Mematikan Background Apps pada windows 10

background app adalah menu baru pada windows 10 yang mana secara tidak sadar sistem akan menjalankan app dalam list background app untuk dijalankan tanpa sepengetahuan usernya, tapi untungnya fungsi ini dapat dikontrol oleh user untuk menghidupkan atau mematikan nya. untuk mematikna fungsi ini adalah dengan masuk pada Settings -> Privacy setelah masuk privacy lanjutkan seperti gambar dibawah ini : 

- klik menu Background Apps padamenu paling bawah 
- kemudian setelah itu akan tampil list apps yang berjalan pada background, kemudiah tinggal kklik yang ON untuk diruah menjadi OFF karena kebanyak app tersebut tidak digunakkan.

2. Mematikkan Fungsi Live tile pada start menu windows 10

Menu Live Tile ini digunkaan untuk menu yang ada pada menu start agar selalu mengupdata konten pada menu tersebut, misal photos akan menampilkan foto yang ada pada komputer secara bergantian, fungsi ini juga akan mengurangi kinerja komputer karena selalu aktif dan mengupdate data pada aplikasi. untuk mematikannya cukup mudah, perhatikan gambar dibawah ini : 

dengan Klik kanan pada menu - > More - Turn live tile off maka fungsi tersebuat akan dinonaktifkan dari windows 10.

3. Mematikan aplikasi startup 

Aplikasi Startup sangat mempengaruhi kecepatan booting windows dan windows ketika pertama kali masuk destop.. dengan banyaknya aplikasi startup yang aktif maka akan semakin lama dan lemot proses booting dan masuk destop windows.. karena semua aplikasi tidak diperlukan maka harus di matikan / disable untuk mempercepat kinerja windows .. 

caranya adalah dengan masuk task manager - pilih tab Startup  kemudian disable aplikasi yang tidak penting