5 Maret 2019

Cara membuat Foto ukuran 3x4 dengan menggunakan Microsoft Office

Microsoft office  adalah sebuah program pengolah dokumen yang sangat lengkap dan familiar bagi semua kalangan masyarakat. software ini telah mengalami beberapa perubahan setiap generasinya, mulai dari Ms Office 1995 - 2003 masih memiliki konsep yang sama dengan mengguakan menu bar pada interface nya. untuk office 2007 - 2016 telah menggunakan interface yang baru yaitu Menu Ribbon dimana setiap menu diwakili oleh simbol dan tidak lagi terdapat banyak tulisan fungsi untuk melakukan format dokumen. sehingga akan memudahkan penguna aplikasi office ini dan interface terlihat sangat menarik dengan menggunakan menu Ribbon. selain fungsi pengolah dokumen Microsoft office juga dibekali pengolah gambar dasar/basic yang memudahkan pengguna office untuk mengedit gambar secara mendasar seperti resize, compress, crop dll. menu yang digunakan untuk pengolah gambar ini adalah Microsoft Picture Manager yang mempunyai tampilan seperti pada gambar dibawah ini :

Penggunaan Ms Picture Manager akan secara default terinstall ketika menginstall Ms office 2003 - 2010. yang secara default akan ada fitur ini untuk mengolah gambar secara mendasar. kebutuhan mendasar bagi pengguna adalah Pas Foto untuk kebutuhan dokumen yang berukuran 3x4 cm dan 4x6 cm dimana bagi orang awam akan kebingungan dan lebih memilih pergi ke tempat studio foto untuk mengeditkan ukuran foto tersebut yang sebenarnya sangat mudah dengan mengunkan Ms office ini. berikut langkah yang harus di lakukan untuk merubah Pas Foto menjadi 3x4 cm dengan akurat dan Mudah Menggunakan Ms office Picture Manager : 

1. buka Foto yang akan dirubah ukuranya dengan menggunakan klik kanan - open with - Microsoft Office Picture Manager 2010 seperti tampak pada gambar di bawah.

2.  Setelah Terbuka, Tampilan Software nya adalah sebagai berikut yang cukup simple dan tidak terlalu banyak menu pada interfacenya sehingga tidak membingungkan seorang pemula sekalipun.

 

 3. Setelah terbuka, silahkan Klik menu Edit Pictures... pada kotak merah, untuk melakukan formating gambar secara mendasar. selanjutnya silahkan klik Menu Crop


 4.Setalah itu akan muncul menu crop yang telah di pilih tadi, akan terlihat menu seperti di bawah ini. untuk menrubah menjadi foto dengan ukuran 3x4 silahkan pilih pada Aspect ratio dari default None menjadi ukuran 3x4.

5. selanjutnya setelah ukuran di pilih, rubah orientasi yang digunakan untuk melakukan pemotongan gambar menjadi 3x4 dari landscape menjadi Potrait. tampilan akan menjadi seperti dibawah ini, menandakan foto sudah di crop menjadi ukuran 3x4 secara benar.


6.Setelah itu langsung saja Klik Ok dan foto akan menjadi ukuran 3x4 dan siap di simpan atau di Save as menjadi format lain untuk di print out atau di lampirkan menjadi dokumen penting yang membutuhkan ukuran foto 3x4.

Terima Kasih sudah mampir di blog saya, silahkan di share jika dirasa bermanfaat dan silahkan komen jika ada pertanyaan terkait yang kuirang jelas mengenai postingan.