5 Maret 2019

Cara Mengkompres Foto Menjadi Ukuran Sangat Kecil Dibawah 300Kb dengan Microsoft Office

Microsoft office  adalah sebuah program pengolah dokumen yang sangat lengkap dan familiar bagi semua kalangan masyarakat. software ini telah mengalami beberapa perubahan setiap generasinya, mulai dari Ms Office 1995 - 2003 masih memiliki konsep yang sama dengan mengguakan menu bar pada interface nya. untuk office 2007 - 2016 telah menggunakan interface yang baru yaitu Menu Ribbon dimana setiap menu diwakili oleh simbol dan tidak lagi terdapat banyak tulisan fungsi untuk melakukan format dokumen. sehingga akan memudahkan penguna aplikasi office ini dan interface terlihat sangat menarik dengan menggunakan menu Ribbon. selain fungsi pengolah dokumen Microsoft office juga dibekali pengolah gambar dasar/basic yang memudahkan pengguna office untuk mengedit gambar secara mendasar seperti resize, compress, crop dll. menu yang digunakan untuk pengolah gambar ini adalah Microsoft Picture Manager yang mempunyai tampilan seperti pada gambar dibawah ini : 

     Sebuah dokumen pastinya akan lebih mudah jika berukuran kecil dan kualitas baik, begitu juga dengan gambar untuk dokumen pasti hanya dibatasi maksimal size berapa kilobyte saja, untuk menghemat space pada server, sehingga untuk itu foto yang digunkan dalam dokumen yanga kan di upload pada server harus berukuran kecil, padahal untuk kualitas Foto sekarang saja sekali jepret kamera akan menghasilkan 2 - 5 Mb 1 foto, bayangkan server akan menerima 100 file berukuran 5MB pasti akan banyak menyita space pada server tersebut. untuk itu foto harus dikompres terdahulu agar menjadi kecil size nya.
     Pada kesempatan ini saya akan membagikan tutorial bagaimana mengkompres foto yang berukuran megabyte menjadi KiloByte dan tidak merusak kualitas foto secara fatal tetapi hanya akan mengurangi resolusi dari foto yang akan di rubah ukuranya, cukup menggunakan Aplikasi Bawaan office saja sudah cukup saudaraku, yaa Ms Picture manager  adalah aplikasi yang akan digunakan. berikut langkah langkah yang harus dilakukan untuk mengkompres sebuah forto dengan sangat cepat dan mudah  :

1. Dibawah ini Adalah foto yang akan dibandingan hasilnya, sebelum dikompres dan setelah di kompres menggunkan Aplikasi Ms Picture manager. Silhakan buka foto yang akan di kompres menggunkan aplikasi Ms Picture Manager

 

2. setalah itu silahkan Klik Edit Pictures.. >> Compress Picturess yang akan membuka menu untuk mengkompres foto menjadi ukuran yang lebih kecil


3. setelah itu silahkan di pilih format kompres sesuai dengan tujuan foto akan di gunakan ( Dokumen, Web Pages, Mail Documents).
       A. Format kompres untuk Dokumen 298 Kb -> 108 Kb

    B. Format Kompress halaman Web /Web Pages 298 Kb -> 20,6 Kb

    C. Format Kompres Dokumen E-mail  298 Kb -> 4,68 Kb

 Setelah sudah memilih format kompres silahkan langsung klik Ok dan foto akan langsung disimpan dalam format yang sudah dipilih.Berikut Ini adalah perbandingan besarnya ukuran foto masing - masing jenis kompres yang digunkan :

Tanpa Kompress 298 Kb
Kompres Dokumen 108 Kb
KOmpres Web Pages 20,6 Kb
Kompres Dokumen E-mail 4,68 Kb

Terima Kasih sudah mampir di blog saya, silahkan share jika bermanfaat dan silahkan komen jika ada pertanyaan terkait postingan ini.